Pengertian dan sejarah Anime Yang Wajib Anda Tahu


Pengertian dan sejarah Anime Yang Wajib Anda Tahu

pengertian, dan, sejarah, anime, yang wajib, anda, tahu

Anime ialah sebuah istilah penyebutan untuk flm animasi/kartun. Animation dalam bahasa inggris yang kemudian diserap dalam bahasa jepang menjadi animeshon [アニメーション] kata ini kemudian disederhanakna menjadi anime (A-ni-me) [アニメ]. namun dalam perkembanganya Anime kerap kali diidentikan dengan animasi buatan jepang namun faktanya anime sendiri hanya penggunaan gaya bahasa yang berbeda.

Wells dalam Steinberg (2012:1) mengemukakan pengertian animasi berasal dari kata latin, animare, yang berarti "memberikan kehidupan," dan dalam konteks film animasi, sebagian besar berarti penciptaan ilusi gerakan buatan dalam garis-garis dan bentuk yang tidak hidup, maka dapat disebut sebagai grafik yang bergerak dan seolah-olah hidup. 

sejarah 

https://mashab02.blogspot.com/2020/02/pengertian-dan-sejarah-anime-yang-wajib.htmlFirst Experiments in Animation oleh Hekoten Shimokawa, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913. telah berhasil melahirkan sebuah gambar animasi pertama yang berjudul  Imokawa Mokuzo Genkaban no Maki karya Hekoten Shimokawa pada tahun 1917 yang berdurasi 5 menit namunmembutuhkan waktu sekitar 6 bulan pengerjaan dan belum memilki suara hanya sekedar gambar yang bergerak.


setahun kemudian pada tahun 1918, Kitayama Seitaro meluncurka dua anime yang berjudul Momotaro dan Kani Kassen yang diterbitkan oleh Ninkatsu (Nihon Katsudo Shasin). setealh dua Anime tersebut diluncurkan Anime ketiga yang berjudul Taro no Banpei juga dirilis.

pada tahun 1927 Amerika Serikat berhasil membuat animasi dengan latar suara namun hanya sebatas musik, setelah itu jepang juga membuat anime yang manggunakan pengisi suara adalah karua Ofuji yang berjudul Kuro Nyago pada tahun 1930 dengan durasi 90 detik.  

https://mashab02.blogspot.com/2020/02/pengertian-dan-sejarah-anime-yang-wajib.html
selama berkecamuk perang dunia kedua tepatnya pada tahun 1943 Senoo Kosei berhasil membuat anime yang berjudul Momotaro No Umiwashi dengan durasi lebih dari 30 menit denagn jumlah episode yaitu 5 buah. 

setelah berakhirnya perang dunia kedua Megumi Asano berhasil membuat anime yang memiliki warna dengan anime yang berjudul Boku no Yaku tepatnya pada tahun 1948.

memasuki awal priode 1960-an menandai kepopuleran anime dengan rilisnya sebuah anime yang berudul Astro BOY yang disutradarai oleh sang Giant Of Anime yaitu Ozamu tezuka. anime yang menceritakan seoarng anak kecil dari keluarga ilmuan namun dalam kecelakaan ia meninggal dan dibautlah replikanya dalam bentuk robot.

setelah 60 an yang menandai masa kebangkitan anime maka tidak heran muncul anime-anime setelahnya hingga sekarang misalkan saja
Luppin III (1970-an)
Daragonball (1980-an)
Sailor Moon (1990-an)
banyak lagi hingga saat ini yang terkenal misalnya Kimi no Nawa, Stein Gate, Naruto, Captai Tsubasa dll.

salah satu puncak dari kesuksesan anime Jepang ialah dengan dirilsnya Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi ( 千 と 千 尋 の 神 隠 し ) yang dirilis oleh studio Ghibli pada tahun 2001. anime ini merupakan salahsatu anime tersukses sepanjang sejarah Jepang bahkan pernah dinominasikan dalam piala Oscar.  

Bagaimana Bersikap

Melihat sejarah panjang anime dari jaman Hitam putih hingga menggunakan CGI tak heran jepan berhasil menjadikan Anime sebagai identitas pribadi bahkan telah dianggap sebagai budaya jepang. namun, kita sebagai bangsa indonesia jangan trlalu jatuh dalaam kekaguman bangsa lain. indonesia sendiri mulai membangun industri animasinya misalkan saja Sopo & jarwo atau yang cukup populer Battle Of surabaya yang digarap oleh anak bangsa sendiri. mestinya kita sebagai penikmat anime terus memberikan support pada animasi anak bangsa terutama maupu animasi buatan negara lain dikarenakan baiaya pembuatan anime tegolong tidak murah.


sumber:
https://www.mastekno.com/id/pengertian-dan-sejarah-anime/
https://www.infoakurat.com/2017/08/pengertian-sejarah-anime.html

0 Response to "Pengertian dan sejarah Anime Yang Wajib Anda Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel