Tips Menabung Bagi Mahasiswa Kost dan Rantau

Tips Menabung Bagi Mahasiswa Kost dan Rantau 


Tips-Menabung-Bagi-Mahasiswa-Kost-Rantau
Hidup menjadi mahasiswa memiliki tantangan tersendiri apalagi kita berstatus sebagai perantau yang jauh dari kampung halaman. Tuntutan untuk hidup jauh dari orang tua tentu berbeda dengan mereka yang hidup bersama kedua orangtuanya. Untuk itu, sebagai seorang mahasiswa kita perlu siap siaga akan banyak kejadian yang tidak diinginkan apalagi berkaitan dengan finansial. Maka dari itu, melalui tulisan pendek ini saya mencoba untuk memberikan beberapa referensi kepada teman-teman tentang tips menabung bagi mahasiswa kost & rantau yang mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Menyusun analisis pengeluaran bulanan.

Bagi sebagian teman-teman mahasiswa perantauan yang pemasukannya bergantung dari kiriman orang tua untuk dapat tetap menabung salah satunya yaitu menyusun analisa pengeluaran bulanan. Cara untuk membuat analisis ini adalah kita mulai membuat daftar kebutuhan skala prioritas hingga skala yang sifatnya tidak terlalu penting misalnya hang-out sehingga kita bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu. Setelah selesai membuat daftarnya silahkan teman-teman tempelkan di tempat yang mudah untuk dilihat sehingga teman-teman senantiasa ingat akan daftar yang harus dibeli.

Membuat Target barang yang ingin dibeli.

Agar teman-teman tambah termotivasi untuk menabung mungkin tema-teman bisa menetapkan sebuah target capaian yang ingin dimiliki/dibeli, misalnya Handphone baru. Namun tentunya target seperti ini harus dipikirkan secara matang-matang sehingga pengeluaran tidak mengalami pembekakan meskipun uang telah cukup untuk membelinya.

Membuka rekening Khusus

Beberapa bank biasanya telah membuka beberapa kantor cabangterutama Dikampus-kampus besar bank-bank ini biasanya Membuka rekening khusus bagi mahasiswa yang ingin menabungkan uangnya. Dengan metode tidak membuka akses kredit dan ATM bagi penabung dapat membuat kesulitan untuk menarik uang di rekening tersebut. Kita bisa menabung setiap bulan dengan potongan persentase dari kiriman orang tua misalkan 10% ketika tugas tidak terlalu banyak namun kita bisa menurunkan tergantung kebutuhan kita selama satu bulan.

Menambah pemasukan dengan berbisnis sampingan dan kerja paruh waktu

Tuntutan untuk hidup mandiri bagi mahasiswa tentu tidak hanya harus mengandalkan dari kiriman orang tua saja. Teman-teman mungkin bisa sedikit lebih mandiri dengan melakukan bisnis sampingan dan bekerja paruh waktu
Baca juga : contoh bisnis bagi mahasiswa dengan modal sedikit
Tips memilih jurusan kuliah yang baru Lulus
Dengan adanya uang tambahan dari bisnis sampingan dan kerja paruh waktu dapat menambah pundi-pundi keuangan baik untuk ditabung maupun hangout bersama teman-teman kampus.

Menghemat Pengeluaran Belanja.

Untuk dapat menabung bagi mahasiswa dan anak kost sudah pasti haruslah hemat untuk tetap dapat menyisihkan uang saku/jajan. Namun hemat yang dimaksud disini adalah bukan semata mata pelit/kikir bahkan selalu minta ditraktir sama teman kampus melainkan sebagai strategi yang logis untuk tetap mengefisienkan pengeluaran harian. Mungkin it untuk teman-teman Tips Menabung Bagi Mahasiswa Kost & Rantau yang jauh dari keluarga. Tetap yakin bahwa keberhasilan tergantung bagaimana kita berusaha sungguh-sungguh sekian.

0 Response to "Tips Menabung Bagi Mahasiswa Kost dan Rantau "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel